Beton Decking

Pengertian Beton Decking

Beton decking atau dalam bahasa lapangan sering disebut tahu beton adalah beton yang di buat berbentuk silinder ataupun kubus yang memiliki ketebalan sesuai dengan selimut beton yang diinginkan. Biasanya berbentuk kubus dan silinder.

Beton decking memiliki fungsi yaitu guna memastikan bahwa jarak antara pembesian dan selimut beton sudah sesuai dengan perencanaan awal. Tanpa adanya beton decking, maka posisi besinya turun bahkan telalu rapat dengan kulit luar selimut beton. Hal ini bisa membuat besi yang mengembang membuat selimut beton retak dan membahayakan hasil proyek konstruksi.

Tahu beton ini sengaja dibuat guna menjaga agar tulangan suatu konstruksi terletak sesuai dengan aturan syarat penulangan pada beton precast. Dengan demikian, maka kekuatan akan maksimal dan tulangan terlindungi dari korosi ataupun karat.

Beton decking ini umumnya terbuat dari sisaan kerja pengecoran, lalu dibuat dengan cetakan PVC dan ada juga yang diberi kawat bendrat di dalamnya. Fungsi dari kawat bendrat ini yaitu sebagai pengikat pada tulangannya.

Decking memiliki dua jenis yaitu plasting decking dan beton decking. Plasting decking dibuat dari plastik dan memiliki ketebalan 3.5 cm. Sedangkan beton decking dari campuran beton dengan ketebalan yang menyesuiakan ketebalan dari selimut beton yang telah dirancang oleh konsultan perencanaannya. Bentuknya silinder kecil dengan diamater 10cm. Alteratif lainnya selain beton dan plastik, ada juga yang terbuat dari potongan bata, kayu, dan potongan koral. Hanya saja bahan tersebut tidak banyak direkomendasikan sebab bisa cepat merusak sistem pembesian di dalam beton.

Fungsi Decking Beton

Fungsi krusialnya yaitu untuk memastikan jika jarak antara selimut beton dan pembesian telah sesuai perencanaan awalnya. Jika tidak ada decking jenis beton ini, posisi besi bisa turun atau terlalu rapat dengan bagian luar dari selimut beton. Hal ini tentu saja berbahaya, sebab bisa membuat besi mengembang dan selimut beton menjadi retak. Selanjutnya hasil konstruksi dapat membahayakan penghuni rumah tersebut. Adanya deking beton mampu menjaga tulangan dari suatu konstruksi telah sesuai dengan aturan penulangan di beton precast. 3/3 Maka kekuatannya akan lebih maksimal serta tulangannya lebih terlindungi dari karat maupun korosi.

Selanjutnya, decking beton juga berfungsi menjaga konsistensi dari ketebalan selimut betonnya, sesuai spesifikasi yang ditetapkan pada konstruksi. Untuk memasangnya pun sangatlah mudah dan juga sederhana, yaitu dengan meletakkannya di bawah tulangan anyaman. Pada beberapa kondisi juga terdapat kawat bendrat agar dapat memberi ikatan antara anyaman tulang dan decking beton sehingga tidak bergeser ketika proses pemasangan berlangsung.


Referensi:
Gambar : www.google.com

INFO : Jika ada yang ingin Donasi / Support, bisa via Saweria. Terimakasih